Minggu, 27 November 2011

-_- SAHABATKU -_-

SEPATAH KATA BUAT SAHABATKU

Bisik jiwa tlah terputus dalam satu hembusan nafas
Janji suci tlah kau ingkari tuk bersama
Dalam tawa dan duka
Yakinlah selalu … sobat
Bawa segala luka yang menyobek hatimu
Adalah pisau yang mengalir di setiap tetes darahku
Kesedihan yang nampak di raut mukamu
Adalah kepedihan terdalamku
Ketidakramahan dirimu adalah penyobek hatiku
Taukah kau sobat?
Bahwa secercah tawa yang dulu slalu menghiasi wajahmu
Kini tlah pudar dan bukan lagi
Kebanggaan dalam tali hati antara kau dan aku
Kini kau telah melepas jemari itu
Padahal aku rapuh tanpa tangan itu
Aku ingin kau selalu menjaga dan melindungiku
Sobat …
Sebuah tamparan yang selalu kudapat bila kusalah
Sebuah bimbingan yang selalu merangkulku bila kulemah
Kini tak akan pernah kudapati lagi
Kemana aku harus mencari itu semua?
Kau pergi tanpa mengucap sepatah kata pun
Kau telah memutus persahabatan itu
Persahabatan yang suci
Kini tlah kau nodai dengan kebungkaman, kebohongan, dan kebosanan
Semuanya penuh kepura-puraan
Kau jadikan persahabatan
Sebagai tempat berlabuh
Tuk mencari pengalaman kehidupan
Kenapa kau lakukan ini?
Ku diam dalam kebungkaman yang penuh kesakitan
Sedangkan dirimu tertawa penuh keriangan
Lalu kini ku bertanya:
Apa menurutmu seorang sahabat?
And sahabat yang tulus seperti apa?
Kau hanya diam tak bisa menjawab
Sobat …

Maafkan diri ini bila diri ini bersalah
Meski kau telah pergi
Bagiku kau selalu ada dalam hatiku
Karena kau adalah sahabatku
Dari dulu dan sampai kapan pun
Puisi Tentang Persahabatan

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan
dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan
mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
bertumbuh bersama karenanya…

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi
membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkanbesi,
demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya. Persahabatan
diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti,
diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak,
namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan
dengan tujuan kebencian.Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan
untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya
ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman,
tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan
dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha
pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita
membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi
mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih
dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan
dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,
karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,
namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.
Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun
ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.
Puisi Singkat tentang Persahabatan

untuk sahabat

maaf,
jika waktu ku terlalu singkat untuk kulewati denganmu
tawa q trlalu sedikit untuk q bagi bersamamu,tapi
terlalu sering bahumu kubasahi dengan air mata,
q bebani dengan masalah-masalah ku
tak bisa kuhitung berapa kali lidahku menyayat2 hatimu
namun kau slalu memberiku nafas saat aku sulit bernafas
kau beri aq sayap saat aku sulit untuk terbang,

maaf kalau semua itu hanya mampu kutebus dengan ucapan terima kasih

Puisi Saat waktu Tentang Persahabatan

Seandainya waktu dapat di arahkan
aku ingin kau kembali
menemani hati perih
yang selalu menunggu kedatanganmu
bulan kini tiada mempunyai bintang
sama halnya dengan ku
tak pernah ku sangka secepat
itukah kau pergi
sobat temani aku dalam mimpi
agar tiada lagi kesediaan di hati
walau itu tak kan mungkin
tapi kukan selalu berharap

persahabatan
kuukir cinta didalam sanibari ku
kau bagaikan embun yg membasahii daun cinta ku
kau bagaikan mawar yg menghiasi jantung hati ku
setiap detik kau slalu di hati ku
kau bagaikan mutiara yg berkilau kilau
kau menerangi ku dngn cahaya mutiara mu
kau slalu ada dlm suka dan duka ku
kini ku sadar ku tk mau kehilangan kmu
kau cahaya cinta ku
persahabatan

bagaikan kepompomg mengubah ulat mnjdi kupu kupu
mengarumi hal y tak mudah mnjdi indah
sempurna………
di ataku kau begitu indah
kau buat diriku akan slalu memujamu
ku cinta kau……

I LOVE YOU FUUUUUUUUL
Tentang Sahabatku

Sahabatku adalah tetesan embun pagi
yang jatuh membasahi kegersangan hati
hingga mampu menyuburkan seluruh taman sanubari
dalam kesejukan

Sahabatku adalah bintang gemintang malam di angkasa raya
yang menemani kesendirian rembulan yang berduka
hingga mampu menerangi gulita semesta
dalam kebersamaan

Sahabatku adalah pohon rindang dengan seribu dahan
yang memayungi dari terik matahari yang tak tertahankan
hingga mampu memberikan keteduhan
dalam kedamaian

Wahai angin pengembara
kabarkanlah kepadaku tentang dirinya

Sahabatku adalah kumpulan mata air dari telaga suci
yang jernih mengalir tiada henti
hingga mampu menghapuskan rasa dahaga diri
dalam kesegaran

Sahabatku adalah derasnya hujan yang turun
yang menyirami setiap jengkal bumi yang berdebu menahun
hingga mampu membersihkan mahkota bunga dan dedaun
dalam kesucian

Sahabatku adalah untaian intan permata
yang berkilau indah sebagai anugerah tiada tara
hingga mampu menebar pesona jiwa
dalam keindahan

Wahai burung duta suara
ceritakanlah kepadaku tentang kehadirannya

Dan ini akhir dari apa yang kita sebut puisi persahabatan,muhammadnursidiq.blogspot.com

- EKSPRESI DAN KREASI KARYA ILMIAH REMAJA INDONESIA DI BLOG'S MUHAMMAD NUR SIDIQ -

- EKSPRESI DAN KREASI KARYA ILMIAH REMAJA INDONESIA DI BLOG'S MUHAMMAD NUR SIDIQ -

Rabu, 16 November 2011

_-_ TROUBLESHOOTING MOTORCYCLE _-_

1. Kendaraan saya tidak dapat distarter

a. Periksa apakah tangki bensin Anda kosong
b. Periksa apakah Anda telah memutar tuas bensin ke posisi “ON”
c. Businya kemungkinan kotor dari deposit karbon yang berlebihan. Busi harus dibersihkan dengan sikat atau perangkat lainnya.
d. Jarak antara dua elektroda busi harus 0.6 - 0.7 mm agar kendaraan dapat distarter dengan lancar
e. Periksa apakah daya listrik dapat mencapai busi
2. Kendaraan tidak dapat distarter di pagi hari

a. Bila kendaraan tidak dapat distarter hanya saat pagi hari, gunakan choke untuk menstarter kendaraan. Jangan lupa kembalikan choke pada posisi Off setelah mesin menyala. Jangan memutar gas saat choke masih pada posisi On.
3. Kendaraan saya boros penggunaan bahan bakarnya, apa yang dapat saya lakukan?

a. Periksa tekanan angin pada ban dan selalu pastikan tekanan yang tepat
b. Periksa apakah putaran roda terganggu. Pastikan roda dapat berputar secara lancar.
c. Bersihkan atau ganti busi, kemungkinan businya kotor
d. Periksa kemungkinan kebocoran bahan bakar dan perbaiki bila ada
e. Tune-up karburator secara tepat
4. Starter otomatis tidak berfungsi

a. Ini biasanya karena baterainya belum di-charge. Coba untuk charge baterainya.

5. Mesin menyala tapi kemudian langsung berhenti


a. Nyalakan mesin dengan choke selama kira-kira 30 detik hingga 1 menit sebelum mengendarai motor. Jika tetap bermasalah, berarti mesin Anda perlu di-tune up dan karburatornya dibersihkan dan diatur kembali.
6. Mesin berhenti saat saya ingin melaju dengan cepat

a. Nyalakan mesin dengan choke selama kira-kira 30 detik hingga 1 menit sebelum mengendarai motor. Jika tetap bermasalah, berarti mesin Anda perlu di-tune up dan karburatornya dibersihkan dan diatur kembali.
7. Pick-up for the vehicle is poor

a. Bersihkan saringan udara bila mampat.
b. Pengaturan pengapian tidak diatur secara tepat
c. Jarak busi yang tidak benar
d. Specification of the spark plug used may be incorrect
e. Weak compression pressure
f. Clutch plates telah aus
g. Brake is too tight and is dragging even when not applied.
8. Terlalu banyak asap yang keluar dari knalpot

a. Untuk kendaraan 2-tak:
Pastikan oli yang tercampur dengan bensin mempunyai kualitas yang baik dan jenis yang sesuai (2T self mixing oil). Jumlahnya juga harus sesuai, maksudnya, sesuai dengan spesifikasinya. Jika kendaraan Anda mempunyai tanki oli yang terpisah, JANGAN campur oli dengan bensin. Perbaiki pengaturan pompa oli karena aliran oli yang berlebih dapat menyebabkan knalpot berasap.
Untuk kendaraan 4-tak jangan campurkan oli dengan bensin.
b. Cincin pistonnya sudah aus
c. Tekanan kompresi rendah
d. Bahan bakar yang Adulterated
e. Pengaturan karburator yang tidak benar
f. Karburator jet sudah aus
g. Oli transmisi masuk ke dalam kamar pembakaran karena karet oli yang telah aus
h. Anda mungkin mengendarai kendaraan dengan choke masih pada posisi On atau terlalu banyak bensin yang masuk ke karburator.
i. Asap yang berlebihan, tebal, dan berwarna biru keputih-putihan menandakan masuknya oli mesin ke kamar pembakaran.

9. Penggantian gigi transmisi sangat susah


a. Hal ini mungkin karena excessive play di kabel kopling.
b. Ada sesuatu dalam mekanisme penggantian gigi transmisi.
10. Gigi transmisi tidak masuk secara benar ( False Neutral )

a. Biasanya karena bagian yang sudah aus di mekanisme penggantian gigi transmisi.
11. Kesulitan untuk melewati jalanan yang menanjak

a. Gunakan gigi transmisi rendah (seperti gigi 1 dan 2) saat melewati jalanan yang menanjak curam. Bila tetap mengalami masalah, tune-up mesin dan periksa bila ada plat kopling yang aus
12. Ada oli bocor dari mesin

a. Choke up of engine breather passage. Ini mengakibatkan oli merembes keluar.
b. ' O' rings, gaskets and karet oli telah rusak
c. Ada baut dan mur mesin yang tidak kencang
d. Oli mesin terlalu banyak diisi
13. Rem tidak berfungsi secara benar

a. Brake liners atau brake drum mungkin sudah aus.
b. Mungkin ada oli yang bocor atau minyak di brake shoe.
c. There may be play in the brake cable or brake pedal.
d. Material of brake shoe liner telah menjadi lengket dan keras.
e. Kemungkinan Brake cam-nya macet
14. Remnya berbunyi saat dipakai

a. Ini karena brake shoes-nya telah aus dan menjadi licin. Perlu diservis dan diganti.
b. The brake operating cam telah menjadi kering dan perlu diberi gemuk.
15. Suara klaksonnya lemah

a. Periksa baterai aki apakah perlu di-charge. Untuk mengetahuinya lihat bila lampu yang menggunakan aki (seperti indicator) bekerja dengan baik untuk kendaraan roda dua yang memakai aki.
b. Klaksonnya tidak dipasang secara benar
c. Tombol klaksonnya mungkin rusak atau kabel klaksonnya ada yang korslet atau terpotong.
Untuk kendaraan yang tidak memakai baterai aki (AC horn):
Tombol klaksonnya mungkin rusak.Kabelnya mungkin korslet/terpotong. Sambungannya kabel klakson tidak kencang.
d. Klaksonnya mungkin sudah rusak.

16. Klakson hanya berfungsi saat mesin berjalan
a.
Mungkin kendaraan Anda mempunyai AC horn yang digunakan dalam kendaraan yang tidak memakai aki. Ia tidak dapat berfungsi tanpa tenaga, Ia hanya berfungsi saat mesin berjalan.
Bila kendaraan Anda mempunyai baterai aki (DC horn), periksa apakah akinya perlu di-charge. Untuk mengetahuinya lihat bila lampu yang menggunakan aki (seperti indicator) bekerja dengan baik. Periksa juga bila ada kabel yang longgar. Bila hal di atas tidak ada yang membantu, maka kemungkinan klaksonnya sudah tidak dapat berfungsi lagi. Untuk kasus itu, Anda harus menggantinya.
b. Klaksonnya tidak di-tune up secara benar.
17. Lampu tidak menyala

a. Voltage regulator-nya rusak
b. Lighting coil-nya rusak
c. Ada yang longgar di penyambungan listriknya
d. Fused bulb
e. Tombol lampunya mungkin rusak.
18. Lampunya buram

a. Voltase dan watt bohlamnya tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan (these are mentioned in the owners manual of your vehicle)
b. Voltage regulator-nya mungkin rusak
c. Lighting coil-nya mungkin rusak
d. Ada kabel yang rusak nursidiq_muhammad@yahoo.com